Hasil Aviologi 1

HASIL AVIOLOGI I

Waktu : Senin, 17 April 2017

Tempat : Lobi Gd. C lantai 1

 

  1. Laboratorium kurang nyaman, terlihat kotor dan dianggap kurang steril serta mengganggu kenyamanan dalam praktikum

Sudah diberlakukan sistem pembagian tugas kepada cleaning service untuk membersihkan lab. Tetapi pembersihan tidak dilakukan setiap hari, kedepanya akan lebih bagus bila dilakukan secara rutin. Kebersihan lab juga menjadi tanggung jawab pemakai lab yaitu mahasiswa juga, jadi mahasiswa atau pemakai lab harus menjaga kebersihan lab dengan memerhatikan tata tertib yang ada.

 

  1. Penyusunan jadwal kuliah yang kurang sesuai

Awal perkuliahan telah dibuat jadwal sedemikian rupa agar tidak bertabrakan atau merugikan berbagai pihak, tetapi akan ditinjau lagi bila ada jadwal yang kurang sesuai.

 

  1. Dibuat kelompok-kelompok kecil untuk pengadaan riset yang dibimbing dosen

Dosen siap membimbing mahasiswa nya dengan memberikan gambaran awal, masukan tema dan bimbingan secara berkala. Peran dosen disini yaitu mendukung dan memberi saran, mahasiswa yang harus lebih aktif dalam hal ini. Tetapi dilihat dari minat mahasiswa pada aspek keilmiahan masih kurang. Dengan adanya Kelompok studi serta kegiatan seperti PTERIDOLOGI juga diharapkan dapat membantu peningkatan pengajuan PKM maupun aspek Keilmiahan di Biologi.

 

  1. Ruang perkuliahan yang tidak nyaman

Menyangkut fasilitas adalah wewenang dari fakultas. Prodi hanya bisa menampung kritik dan saran serta menyampaikan ke fakultas, tetapi yang menjalankan adlah Fakultas. Karena sentral pendanaan ada di fakultas.

 

  1. Adanya ruangan mandiri untuk melakukan riset mahasiswa

Untuk saat ini belum ada, tetapi setelah pembangunan gedung D, hal ini akan teratasi dimana gedung D difokuskan untuk laboratorium untuk seluruh prodi di MIPA. Namun selama gedung D belum dibangun, diskusi riset dapat dilakukan di tempat lain. Hal ini juga dapat didiskusikan kepada Bu Asri menganai pemakaian ruangan Pak Prabang dan Prof. Okid diaman ruangannya sesuai untuk melakukan riset.

  1. Kurangnya fasilitas (Public space, kantin, stop kontak, dll) dalam prodi yang menunjang pembelajaran mahasiswa

Public Space seperti saung sudah ada target tahun ini untuk peningkatan dengan bantuan sumbangan dari alumni. Taman juga harus diperbaiki dan lebih dihijaukan untuk menunjang Green Campus. Untuk Kantin sudah didiskusikan dengan fakultas dengan dana Rp. 500.000.000 tetapi baru di setujui Rp.200.000.000. Kajundil yang sekarang berada dibawah juga harus diperhatikan ketertiban dan keindahannya sehingga tidak mengganggu secara estetika tempat.

 

  1. Adanya laporan praktikum dan jadwal praktikum yang padat sangat menyita waktu sehingga keinginan untuk membuat PKM berkurang

Esensi dari praktikum dan pembuatan laporan memiliki maknanya sendiri-sendiri dan ini merupakan proses belajar bagi mahasiswa. Ada saatnya hal ini akan bermanfaat di hari mendatang. Seperti lebih terlatih dalam manajemen waktu dan pembagian kerjaan. Dengan adanya praktikum yang bertahap juga diharapkan terjadinya pembentukan karakter bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *